Saturday, February 11, 2012

Sekilas tentang Kurs Mata Uang


Sekilas tentang Kurs Mata Uang



Anda ingin menukarkan uang Rupiah anda dengan uang Dolar Singapura, atau anda mempunyai uang Ringgit Malaysia yang ingin ditukar dengan mata uang Rupiah? Bagi orang yang seringkali bepergian lintas negara pasti sudah akrab dengan transaksi tukar-menukar mata uang asing (valas). Cara yang paling mudah adalah pergi ke bank atau money changer untuk melakukan penukaran mata uang tersebut. Di tempat tersebut kita dapat melihat informasi kurs valuta asing jika dibandingkan dengan mata uang negara yang bersangkutan. Untuk di Indonesia tentu saja mata uang yang dibandingkan adalah mata uang Rupiah dengan mata uang asing lainnya (Dolar Australia, Dolar Singapura, Ringgit Malaysia, Peso Philipina, Euro, Dolar Amerika Serikat, dll). Fungsinya adalah untuk mengetahui berapa jumlah Rupiah yang bisa kita dapat ketika kita menukar dengan sejumlah mata uang asing, atau berapa jumlah mata uang asing yang akan kita terima jika kita menukar uang 10.000 Rupiah kita.  
Dalam pertukaran mata uang ini, ada dua macam kurs yang digunakan yaitu kurs beli dan kurs jual. Biasanya orang sering terbalik dalam menafsirkan arti dari dua kurs ini. Untuk mempermudah kita mengingat maka kita harus memposisikan diri kita sebagai pihak bank. Misalnya kita ingin menukarkan uang 10.000.000 Rupiah (Rp) dengan mata uang Dolar Amerika Serikat (US$). Kurs beli sebesar Rp. 9.500 dan kurs jual adalah Rp. 10.000. maka karena bank yang menjual US$ sedangkan kita membeli US$, kurs yang dipakai adalah kurs jual sebesar Rp. 10.000. Artinya jumlah uang yang kita terima adalah US$ 1.000. Akan terbalik apabila kita memiliki uang US$ 1.000 dolar dan ingin kita tukarkan dengan mata uang Rupiah. Maka kurs yang digunakan adalah kurs beli karena bank yang membeli US$ dan kita menjual Rupiah. Sehingga uang yang kita terima adalah sebesar Rp. 9.500.000.
Selain dua kurs tersebut, jika kita melihat ke situs Bank Indonesia (BI) akan kita menemui kurs tengah yang merupakan nilai rata-rata antara kurs jual dan kurs beli. Jika melihat pada contoh di atas kurs tengah antara mata uang Rupiah dengan Dolar Amerika Serikat adalah Rp. 9.750. Bank-bank umum menggunakan dan meng-update informasi kurs valuta asing terhadap mata uang rupiah melalui situs BI setiap harinya. Perbedaan waktu update bisa menyebabkan terjadinya perbedaan nilai kurs yang digunakan antar bank. Jadi jangan heran jika ternyata jumlah uang yang ditukarkan oleh teman kita di bank lain lebih besar atau lebih kecil dengan uang yang biasa kita tukarkan di bank kita. 

No comments:

Post a Comment